NEODigital BLOG

Digital Marketing Blog

Cara sederhana menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile.
0

Menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile

Sebelumnya kita mengetahui tren mobile di era ini semakin tinggi. Berbelanja pada perangkat mobile bisa jadi mimpi yang buruk jika kita tidak menciptakan UX (User Experience) yang baik. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan pengalaman belanja mobile yang besar.

Declutter, Singkirkan yang tidak perlu di Interface Aplikasi kamu!
Seperti kasus desain lainnya, decluttering adalah langkah yang pertama. Pengalaman belanja mobile terbaik saat ini fokus ditujukan pada produk saja. Kamu bisa menyingkirkan interface yang tidak perlu. Seperti navigasi yang berlebihan, informasi yang berlebihan, atau bisa juga promosi yang berlebihan.

Aplikasi Forever21 adalah contoh yang baik dari apa yang tidak boleh dilakukan!. Tetapi, aplikasi ini  memiliki banyak pilihan navigasi di tab horizontal. Ini dapat membuang ruang pada interface kamu.

Cara sederhana menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile  Cara sederhana menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile

Sekarang beralih ke aplikasi mobile One Kings Lane, pada saat pertama membuka aplikasi ini, kamu langsung disambut dengan foto yang besar, interface yang bersih dan sederhana. Dengan begini, kamu diajak untuk selalu fokus dengan barang dagangan yang mereka miliki.

Cara sederhana menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile

Berikan Foto yang berkualitas!
Perangkat mobile, terutama ponsel memiliki layar yang kecil. Tentu saja, foto yang ditampilkan tidak ikutan kecil juga kan? Foto produk yang kecil hanya menyulitakan pembeli dalam melihatnya. Solusinya, kamu bisa menggunakan foto produk yang besar serta memiliki detail yang tinggi.

Aplikasi Fancy. Dalam aplikasi mobile mereka, mereka menampilkan berbagai produk dengan gambar persegi besar penuh dan lebar. Kamu dapat dengan jelas melihat item yang ditampilkan. Lebih penting lagi, sebagian besar foto-foto yang ditampilkan berkualitas tinggi dan item disajikan dengan baik. Pencahayaan, komposisi dan kualitas keseluruhan gambar yang cukup tinggi. Sebagai pengguna, hal itu membuat kamu ingin terus browsing bukan?

Cara sederhana menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile

Masuk aplikasi tapi harus login dahulu?
Untuk beberapa alasan, sebagian dari kamu pasti malas bukan? Jika harus login/register dahulu sebelum berbelanja? Ya pasti ada!. Biarkan pengguna melihat apa yang kamu jual terlebih dahulu, biarkan mereka benar-benar menggunakannya.

Keranjang belanja yang bersih dan checkout belanja yang mudah.
Setelah seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu di app, biarkan mereka memeriksa item yang dibeli dengan sangat mudah. Pastikan bahwa proses, dari menambahkan item ke keranjang belanja dan untuk konfirmasi pesanan mereka berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Aplikasi River Island ini memudahkan proses checkout. Desain keseluruhan aplikasi mereka bagus. Keranjang belanja menampilakn UI yang jelas menunjukkan dengan tepat apa yang Kamu beli. Tata letaknya sendiri benar-benar baik dengan total harga di atas, dan tombol checkout menonjol di bagian bawah. Item individu ditampilkan dengan baik juga. Kamu tau berapa ukuran dan kuantitas semua dengan jelas ditampilkan untuk Kamu <3.

Cara sederhana menyempurnakan User Experience e-Commerce Mobile

Kesimpulan
Meningkatkan pengalaman belanja mobile adalah hal yang mungkin. Hal terbaik yang dapat Kamu lakukan untuk aplikasi Kamu adalah declutter (Singkirkan yang tidak perlu) dan fokus pada produk Kamu. Pastikan Kamu memberikan interface yang sederhana, mudah, dan lancar bagi mereka. Semakin mudah bagi pengguna untuk membeli produk kamu, lebih mungkin mereka untuk membelinya, bukan?

rifqi ikhsan • January 6, 2015


Previous Post

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>