Welcome to Neo Digital

Bagaimana Penggunaan Heading Tag yang

Optimal untuk SEO Website

13 November 2023

Meta Description: Penggunaan heading tag pada SEO website berperan dalam meningkatkan reputasi situs web. Simak caranya untuk optimalkan websitemu berikut ini!

Mungkin Anda pernah mendengar pernyataan bahwa SEO website menjadi cara efektif meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Dengan memanfaatkannya secara benar, website berkesempatan mendapatkan lebih banyak eksposur dan prospek, meningkatkan online presence serta konversi, dan pastinya hal ini merupakan strategi terbaik untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan.

Lalu, bagaimana caranya agar SEO Website bekerja dengan efektif? SEO website akan bekerja efektif apabila memiliki struktur konten yang baik, salah satunya yakni memiliki elemen yang disebut heading tag. Hierarki headings menduduki tahta tertinggi dalam kepenulisan karena mampu mengorganisir konten untuk dapat dibaca oleh mesin pencari dan memudahkan para pembaca konten memahami isinya. Kali ini, kita akan membahas seputar penggunaan heading tag pada SEO website beserta fungsi, tujuan, dan manfaat selengkapnya di bawah ini.


Penggunaan Heading yang Optimal


Anda perlu tahu bahwa penggunaan heading tag pada SEO website mempengaruhi tingkat kredibilitas. Website yang kredibel salah satunya karena peran heading yang terstruktur dengan baik. Agar penggunaan heading tag pada konten SEO website Anda maksimal, ketahui hal-hal seputar penulisan heading berikut ini.


1. H1 Memuat Kata Kunci

Penulisan heading 1 atau judul utama dapat dioptimalkan dengan memuat kata kunci. Pemuatan kata kunci tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai keunikan serta memudahkan mesin pencari memahami isi artikel Anda. Konten juga berkesempatan muncul pada halaman utama mesin pencari.


2. H1 Hanya Sekali

Sebaiknya setiap artikel hanya menggunakan 1 judul utama. Sebagaimana dijelaskan dalam panduan Google, untuk setiap artikel hanya terdapat satu judul utama yang memuat kata kunci dengan tingkat uniknya masing-masing. Begitupun Semrush menyatakan, penting untuk memaksimalkan panjang judul di kisaran 55-60 karakter. Hal tersebut terkait dengan visibilitas judul di halaman mesin pencari baik melalui desktop ataupun seluler.


3. Pelajari Jenis-Jenis Headlines untuk H1

Berdasarkan hasil survei yang diadakan Semrush, setidaknya terdapat tiga jenis penggunaan heading tag 1 atau headlines pada SEO website yang menghasilkan tingkat interaksi tinggi. Pertama, judul yang membuat pembaca penasaran dengan tagline populernya “semua yang perlu Anda ketahui”. Posisi kedua ditempati judul yang mengusung perbandingan. Terakhir, judul yang menyisipkan angka juga memiliki daya tarik tinggi bagi pembaca.


4. Buat Setiap Heading Menarik

Tak hanya terbatas pada heading 1, setiap heading baik tag H2 atau H3 dan seterusnya juga sebaiknya dibuat menarik. Mengapa hal itu penting? Kyle Byers dalam webinarnya “6 Kunci Konten Efektif yang Berperingkat Tinggi di SERP Saat ini” menyatakan bahwa pembaca cenderung akan melakukan scanning dengan pola F. Pola ini dimulai dari sisi kiri atas halaman sampai sisi kanan, lalu melangkahi beberapa kalimat hingga akhirnya pembaca menemukan informasi yang dicari.

Berdasarkan fakta tersebut, ada kemungkinan pembaca tidak akan membaca keseluruhan artikel dan hanya akan melakukan scanning. Oleh karenanya, membuat setiap heading terlihat menarik akan jauh membantu para pengunjung artikel menemukan informasi yang dicarinya.


5. Gunakan Kata Sifat Bergaya Ajakan

Terakhir untuk tips menggunakan heading tag yang optimal pada SEO website yakni buat para pembaca tertarik dengan isi kontenmu. Kata sifat bergaya ajakan ini bisa diaplikasikan pada keseluruhan headings. Kata-kata seperti ‘viral’, ‘terbaru’, ‘gratis’ dan lainnya memiliki kekuatan yang besar untuk mendorong rasa penasaran pembaca terhadap artikel.


Memahami Fungsi Heading H1-H6

Pemahaman fungsi struktur heading tag dapat memberi beberapa manfaat penting, salah satunya membuat konten lebih terstruktur sehingga memberikan pengalaman browsing yang menyenangkan. Untuk dapat merangkai struktur heading yang baik, simak fungsi masing-masing heading berikut ini.


1. Memudahkan Pembaca

Adanya heading bertujuan untuk memudahkan pembaca menemukan poin yang hendak ia baca. Ibaratnya daftar isi sebuah buku, heading tags merupakan judul dan bab dari sebuah konten website.


2. Mendapatkan Featured Snippet Google

Featured snippet adalah teks singkat yang muncul di bagian puncak hasil penelusuran Google sebagai jawaban kilat terkait pertanyaan yang dicari pembaca. Heading yang baik berpeluang menjadikan artikel menduduki peringkat teratas Google. Namun, peringkat atau traffic Google akan terus diperbarui mengikuti perkembangan sistem dan algoritma. Semua hal ini terjadi karena Google berupaya untuk terus memberikan hasil terbaik bagi setiap penggunanya.

Adapun tujuan dari featured snippet yakni untuk memberikan jawaban atas kebutuhan pembaca di mesin pencari. Berdasarkan tipenya, 70% artikel teratas Google bertipe paragraph featured snippet, diikuti listicle featured snippet sebesar 19%, table featured snippet di 6.3%, dan video featured snippet sebesar 4.6%


3. Meningkatkan User Experience

Headings yang terstruktur dengan baik akan mempermudah navigasi dan pemahaman konten oleh pembaca. Hal tersebut dapat memberikan kesan positif saat pembaca mengunjungi situs web Anda.

Melansir laman Yoast, apabila pembaca tak kunjung mendapati apa yang dicarinya, maka besar kemungkinan mereka akan beralih mencari jawaban di situs lain. Dari sini kita mengetahui bahwa penggunaan heading tag pada SEO website amat berpengaruh terhadap user experience.


Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Penggunaan Heading Tag pada SEO Website?

Suatu heading tag dapat diukur efektivitasnya dengan menggunakan alat analisis SEO untuk memantau secara menyeluruh performa website. Hal tersebut membantu Anda mengetahui serta mengevaluasi sejauh mana penggunaan heading berdampak positif terhadap visibilitas konten pada mesin pencari. Berikut daftar alat analisis SEO terpopuler tahun ini:

  • SEMrush
  • Ahrefs
  • Moz Pro
  • Majestic SEO Tools
  • SEO Spider
  • SpyFu

Keenam alat analisis SEO diatas menjadi yang paling populer tahun ini meskipun berbayar. Sebagai alternatif, terdapat beberapa pilihan alat analisis SEO gratis terbaik yang bisa Anda coba:

  • Google Search Console
  • Google Ads Keyword Planner
  • SEOquake

Itulah beberapa daftar alat analisis SEO yang bisa Anda coba sesuai kebutuhan. Baik alat yang berbayar maupun gratis tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Demikian hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan heading tag pada SEO website. Secara keseluruhan, headings merupakan satu rangkaian yang berdampak besar terhadap SEO website. Bagaimana Anda membuat judul yang menarik di setiap headings tak hanya memberikan kemudahan bagi pengunjung atau pembaca konten, tetapi juga berpengaruh terhadap reputasi website. Kini waktunya Anda optimalkan heading tag untuk artikel SEO website agar traffic pengunjung situs meningkat dan rasakan manfaat lainnya.


Sumber:

Neo Digital - Guiding Brands in the Digital Landscape. We are more than a team—we are digital experts, navigating the extensive terrain of the digital universe.

Neo Digital

Greenlake city, Rukan Centra Niaga blok i No 7 Duri Kosambi, Jakarta Barat 11750

Copyright 2024 NEO Digital All Right reserved

Privacy Policy