Guest Post: Definisi Dan Teknik

Aman Untuk SEO Website

3 Juni 2024

Jika Anda bermain blog, mungkin sudah tidak asing dengan istilah guest post. Guest post adalah praktik di mana seorang penulis atau blogger mengirimkan artikel asli mereka ke situs web atau blog milik orang lain. 

Banyak website yang mempraktikan teknik ini karena termasuk aman untuk meningkatkan visibilitas dan trafik. Tak hanya itu, dari sisi sang penulis pun mendapatkan eksposur, membangun reputasi, serta meningkatkan visibilitasnya dengan memanfaatkan basis pembaca dari blog tuan rumah. Di sisi lain, penyedia blog juga mendapat manfaat dengan mendapatkan konten segar dan variasi topik, meningkatkan keterlibatan pembaca, memperluas jaringan profesional, dan memperkuat otoritas blog mereka.

Tertarik mendalami dan merasakan sendiri manfaat dari guest post? Di bawah ini telah kami rangkum teknik aman melakukan guest posting untuk SEO website dengan panduan serta jenis dan manfaat lainnya.

1. Pemilihan Topik yang Relevan dan Menarik

Saat memilih topik untuk guest post, perhatikan niche atau blog yang disasar. Pastikan topik tersebut relevan dengan minat dan kebutuhan audiens website. Anda dapat melakukan riset untuk mengetahui tren terbaru, isu-isu yang viral, atau permasalahan yang umum di dalam niche tersebut. 

Selain itu, pastikan juga topik tersebut menarik dan memiliki potensi untuk menarik perhatian pembaca. Dengan memilih topik yang relevan dan menarik, Anda dapat memastikan bahwa guest post Anda memiliki nilai tambah bagi pembaca dan memberikan kontribusi yang berarti bagi situs yang Anda tuju. 

2. Penulisan Konten Berkualitas Tinggi

Setelah melakukan riset topik, selanjutnya buat struktur tulisan yang jelas dengan penggunaan heading (h1, h2, h3) untuk memudahkan pembaca dalam navigasi.

Periksa juga bahwa artikel Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan, dan gunakan bahasa yang mudah dipahami.

Pastikan postingan Anda mematuhi persyaratan dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemilik situs, memberikan jawaban yang memuaskan bagi pembaca, serta mengulas topik yang belum dibahas secara luas dalam guest post sebelumnya. Jangan lupa untuk menyertakan backlink yang relevan.

Selain itu, faktor-faktor berikut ini juga perlu diperhatikan:

  • Memahami tujuan pencarian pembaca. Apa yang menjadi maksud atau keinginan utama pembaca saat mengakses konten Anda? Pastikan informasi yang tersaji bermanfaat dan menjawab pertanyaan pembaca.
  • Menghasilkan konten yang orisinal dan unik. Berikan informasi terkini, pertimbangkan sudut pandang yang berbeda, atau bagikan saran yang praktis yang dapat langsung diimplementasikan oleh pembaca.
  • Memberikan kutipan dari pakar. Mengutip pendapat para ahli dapat meningkatkan kebermanfaatan dan kredibilitas postingan Anda. 
  • Mengoptimalkan penggunaan kata kunci. Gunakan keyword secara tepat dengan memperhatikan struktur tata bahasa yang benar.

3. Melakukan Internal Linking

Tidak hanya berperan dalam meningkatkan efektivitas SEO On Page target, internal linking juga menunjukkan pemahaman Anda terhadap konten dari blog mitra, sehingga kemungkinan besar mereka akan menerbitkan guest post Anda.

Semakin banyak memang akan semakin baik, tetapi pastikan tidak sembarangan dalam memilih tautan. Pilih internal link yang sesuai dengan konteks dan topik artikel.

Cara paling efisien dan mudah untuk menemukan internal linking yaitu dengan mengetik perintah site:namawebsite.com (kata kunci) di mesin pencari Google. Dengan cara ini, hasilnya akan membatasi pencarian hanya pada halaman-halaman di situs web yang menggunakan istilah tersebut.

4. Memilih Blog yang Berbeda IP

Pilih blog atau situs web yang berbeda IP untuk menghindari kesan bahwa Anda sedang melakukan backlink dari situs web Anda sendiri yang dapat dianggap sebagai praktik manipulatif oleh mesin pencari.

Dengan memastikan bahwa tautan balik berasal dari sumber yang beragam dan terpercaya, Anda memperkuat otoritas dan kepercayaan situs Anda di mata mesin pencari. Ini juga membantu mencegah risiko penalti atau penurunan peringkat yang dapat timbul akibat praktik tautan balik yang tidak etis.

5. Memilih Blog Bertrafik

Pilih blog atau situs web yang memiliki lalu lintas stabil dan relevan dengan niche Anda. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki pembaca setia dan terlibat, sehingga berpotensi membawa pembaca mengunjungi konten Anda juga.

Untuk menilai apakah suatu blog memiliki trafik yang baik, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  1. Gunakan alat analisis lalu lintas seperti Google Analytics untuk melihat metrik lalu lintas seperti jumlah pengunjung, lama tinggal, dan halaman per sesi.
  2. Perhatikan interaksi pembaca melalui komentar dan respons dari pemilik blog terhadap interaksi tersebut.
  3. Tinjau aktivitas media sosial, termasuk frekuensi posting konten dan tingkat interaksi pengikut.
  4. Evaluasi peringkat blog di mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan gambaran tentang popularitasnya.
  5. Perhatikan adanya tanda-tanda kolaborasi atau sponsorship dengan merek atau perusahaan lain, yang dapat menunjukkan tingkat trafik yang signifikan.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kualitas trafik sebuah blog.

6. Memilih Blog Satu Niche (Lebih Baik)

Memilih blog atau situs web yang berfokus pada satu niche atau topik tertentu memiliki keuntungan besar. Dengan fokus yang jelas, konten Anda akan lebih relevan dengan minat dan kebutuhan audiens target. Selain itu, adanya relevansi dengan niche memastikan bahwa audiens yang mengunjungi situs tersebut memiliki minat yang sesuai dengan topik yang Anda tulis. 

Fokus dengan satu niche juga meningkatkan kemungkinan konten Anda dibagikan dan diapresiasi oleh komunitas yang terkait dengan niche tersebut, serta dapat menghasilkan interaksi yang lebih positif. Dengan demikian, memilih blog dengan fokus yang sesuai dengan niche Anda akan membantu meningkatkan kualitas, relevansi, dan penerimaan konten Anda secara keseluruhan.

7. Memilih Blog yang Sering Update

Langkah terakhir dalam panduan melakukan guest posting yakni pilihlah blog atau situs web yang sering diperbarui dengan konten baru. Ini menandakan bahwa situs tersebut aktif dan memiliki pembaca yang terlibat. Dengan memilih platform yang aktif, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapai audiens yang lebih besar dan terlibat. 

Selain itu, konten yang diperbarui secara teratur cenderung memiliki nilai SEO yang lebih tinggi, membantu meningkatkan visibilitas dan otoritas konten yang Anda sumbangkan melalui guest posting. Oleh karena itu, memilih blog yang sering update dapat menjadi strategi yang efektif dalam upaya guest posting Anda.

Manfaat Melakukan Guest Posting

Dari panduan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa guest posting bagaikan simbiosis mutualisme yakni saling menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, terdapat beberapa dampak positif bagi situs web Anda, diantaranya yakni:

Efektif

Guest posting memungkinkan situs web Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas melalui platform online lainnya. Dengan berkontribusi konten yang berkualitas di berbagai situs web terkait, Anda dapat memperluas jangkauan online Anda.

Menaikan Authority

Guest post memungkinkan individu untuk membangun otoritas dalam bidang spesifik yang mereka geluti. Dengan menulis konten untuk sejumlah situs web yang populer atau relevan, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi sumber yang dipercaya dan dicari oleh pembaca. Ini dapat meningkatkan persepsi pembaca terhadap kompetensi Anda, yang pada gilirannya berdampak pada reputasi Anda secara keseluruhan.

Memperkuat Relevansi

Melalui guest posting, Anda bisa sasar audiens yang tertarik dengan topik atau niche Anda. Dengan menempatkan artikel di situs niche, konten Anda bisa ditemukan oleh orang yang sama tertariknya. Ini meningkatkan relevansi situs Anda di pasar target karena menjangkau pembaca yang punya ketertarikan kuat terhadap topik yang Anda bahas.

Menaikan Brand

Dengan menjadi kontributor di berbagai situs terkait, Anda dapat memperkuat citra merek Anda dan memperluas jangkauan audiens Anda. Melalui metode ini, Anda dapat menarik pelanggan baru dan membangun kepercayaan mereka dengan konsisten menyediakan konten informatif terkait dengan bisnis Anda.

Menaikkan Income Website

Dengan menerapkan teknik yang tepat, guest posting dapat membantu meningkatkan lalu lintas situs dan berpotensi meningkatkan sumber pendapatan situs Anda, seperti melalui iklan, afiliasi, atau penjualan produk dan layanan.

Jenis Guest Posting 

Guest posting dapat dikategorikan menjadi dua tipe utama: gratis dan berbayar. Guest posting gratis melibatkan kontribusi konten ke situs web lain tanpa terjadi transaksi. Metode ini bermanfaat di antara lain untuk: 

  • Memperluas visibilitas online.
  • Menjangkau audiens lebih banyak.
  • Membangun backlink ke situs Anda.
  • Membantu memperkuat otoritas pada niche Anda. 

Di sisi lain, guest posting berbayar melibatkan proses transaksi, di mana Anda membayar situs web untuk memublikasikan konten Anda. Cara ini efektif apabila bertujuan untuk mendapatkan backlink dari situs-situs berotoritas tinggi dan meningkatkan visibilitas merek Anda. Namun, penting untuk memastikan bahwa situs yang Anda pilih untuk guest posting relevan dengan niche Anda dan memiliki reputasi yang baik.

Itulah perkenalan singkat beserta panduan dan manfaat dari guest post yang perlu diketahui oleh para pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan informasional, ya! Bila ada pertanyaan lebih lanjut, feel free mengisi bagian komentar di bawah ini.

Sumber:

  • https://www.dailyseo.id/off-page-seo/panduan-guest-post/#panduan_memulai_guest_post
  • https://www.hostinger.co.id/tutorial/guest-post-adalah#Tips_dan_Strategi_Optimasi_Konten_Guest_Post
  • https://cmlabs.co/id-id/seo-terms/guest-posting-adalah

Neo Digital - Guiding Brands in the Digital Landscape. We are more than a team—we are digital experts, navigating the extensive terrain of the digital universe.

Neo Digital

Greenlake city, Rukan Centra Niaga blok i No 7 Duri Kosambi, Jakarta Barat 11750

Copyright 2024 NEO Digital All Right reserved

Privacy Policy